%I Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2022 %T PENGGUNAAN MEDIA LABORATORIUM MAYA PHET UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SENILAI PADA SISWA KELAS IVB SD NEGERI 2 PADOKAN %L UNY72021 %A Arif Irawan %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas IVB SD Negeri 2 Padokan pada mata pelajaran Matematika materi pecahan senilai menggunakan media Laboratorium Maya PhET. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-September 2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVB SD Negeri 2 Padokan dengan jumlah peserta didik sebanyak 10 orang yang terdiri dari 4 peserta didik laki-laki dan 6 peserta didik perempuan. Objek penelitian ini adalah peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas IVB SD Negeri 2 Padokan pada mata pelajaran Matematika materi pecahan senilai. Teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Keberhasilan penelitian ditandai dengan rata-rata nilai tes prestasi belajar Matematika peserta didik mengalami kenaikan dan memiliki nilai di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 65 yakni mencapai ≥ 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan prestasi belajar peserta didik pada materi pecahan senilai ditunjukan dengan hasil tes evaluasi pada siklus I meningkat sebesar 40% dari nilai rata-rata pra tindakan sebesar 64 dengan persentase 40% menjadi rata-rata sebesar 83,7 dengan persentase 80% pada tahap pasca tindakan siklus I. Berdasarkan yang telah diuraikan pada hasil penelitian dan pembahasan, terbukti bahwa penggunaan media Laboratorium Maya PhET dinilai berhasil dan dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi pecahan senilai. Kata Kunci: Prestasi Belajar Matematika, Media Laboratorium Maya PhET