@phdthesis{UNY72018, month = {January}, title = {PENGARUH SARANA DAN PRASARANA PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP KARAKTER GEMAR MEMBACA SISWA SD KELAS V SEGUGUS 4 KAPANEWON WATES KULON PROGO}, author = {Rahma Handayani}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, year = {2022}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh sarana dan prasarana perpustakaan sekolah terhadap karakter gemar membaca siswa Sekolah Dasar kelas V se-gugus 4 Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya karakter gemar membaca siswa dan sarana dan prasarana perpustakaan sekolah di gugus 4 Kapanewon Wates. Metode penellitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu sarana dan prasarana perpustakaan sekolah sedangkan variable terikatnya karakter gemar membaca siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V se-gugus 4 Wates yang berjumlah 173 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik disproportionate stratified random sampling sehingga diperoleh sampel berjumlah 121 siswa. Metode untuk pengambilan data menggunakan kuisioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS version 23 for Windows. Hasil penelitian yang diolah menggunakan uji regresi sederhana menunjukkan bahwa sarana dan prasarana perpustakaan sekolah berpengaruh signifikan terhadap karakter gemar membaca siswa, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05 dengan persamaan regresi Y = 34,633 + 0,478 X. hipotesis dapat diterima bahwa terdapat pengaruh signifikan sarana dan prasarana perpustakaan sekolah terhadap karakter gemar membaca siswa SD kelas V se-gugus 4 Kapanewon Wates, Kabupaten Kulon Progo. Kata kunci: Sarana dan Prasarana Perpustakaan Sekolah, Karakter Gemar Membaca}, url = {http://eprints.uny.ac.id/72018/} }