@phdthesis{UNY72013, author = {Budi Santoso}, month = {January}, year = {2022}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI PERJALANAN BUDAYA DAERAH DAN KEKAYAAN PANGAN (PERJUANGAN) UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, url = {http://eprints.uny.ac.id/72013/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media berupa Monopoli Perjalanan Budaya Daerah dan Kekayaan Pangan (Perjuangan) yang layak digunakan sebagai media pembelajaran PPKn materi keberagaman budaya dan kekayaan pangan untuk menumbuhkan minat belajar siswa kelas 3 SD Negeri Yuyang Gunungkidul, Yogyakarta. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R\&D). Subjek uji coba yang digunakan dalam penelitian pengembangan media Monopoli Perjalanan Budaya Daerah dan Kekayaan Pangan (Perjuangan) pembelajaran adalah 12 siswa dari kelas 3 SD Negeri Yuyang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan skala penilaian. Hasil uji coba menunjukkan bahwa media layak dan dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran PPKn pada materi keberagaman budaya dan kekayaan pangan. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Pada validasi materi memperoleh rata-rata skor 4,2 (baik atau layak) Hasil validasi media memperoleh rata-rata skor 4,46 (sangat baik atau sangat layak). Hasil respon guru pada uji coba kelompok awal memperoleh rata-rata skor 4,6 (sangat baik atau sangat layak). Hasil respon siswa pada uji coba lapangan awal memperoleh rata-rata skor 4,57 (sangat baik atau sangat layak). Hasil respon siswa pada uji coba lapangan utama memperoleh rata-rata skor 4,64 (sangat baik atau sangat layak). Kata Kunci: Media Pembelajaran, Monopoli, Minat Belajar} }