%T PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta %J Pemantapan Keprofesionalan Peneliti, Pendidik, dan Praktisi MIPA Untuk Mendukung Pembangunan Karakter Bangsa %D 2011 %K Kemampuan pemecahan masalah matematis, pendekatan pendidikan matematika realistik %X Pembelajaran matematika di SMP sampai saat ini masih dengan gaya konvensional, umumnya siswa masih kurang diberi kesempat untuk aktif membangun pengetahuannya. Hal ini berakibat pada rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Salah satu alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR). PMR berpandangan bahwa belajar matematika harus mengarahkan siswa kepada penggunaan berbagai situasi (konteks), yang dirasakan bermakna sehingga menjadi sumber belajar. Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah: Apakah pembelajaran matematika yang menggunakan PMR dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa? Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yang menggunakan desain eksperimen kelompok kontrol pretes-postes. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP di Kota Bekasi, sedangkan sampel diambil dari dua sekolah level sedang, yang masing-masing sekolah diambil dua kelas dengan teknik purposive sampling. Kelompok eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan PMR sedangkan kelompok kontrol tidak diberi perlakuan, pembelajarannya dengan PMB. Instrumen yang digunakan adalah: (1) tes kemampuan pemecahan masalah matematis; (2) lembar observasi; (3) angket respon siswa; dan (4) lembar pedoman wawancara. Untuk keperluan pengujian hipotesis, data dianalisis dengan uji-t, uji ANOVA, dan dilengkapi dengan analisis deskriptif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan: Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajaran menggunakan PMR lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan PMB, untuk seluruh siswa maupun berdasarkan kelompok kemampun matematis siswa (tinggi, sedang, rendah). Ada pengaruh secara bersama yang signifikan antara pembelajaran PMR dan PMB dengan kelompok kemampuan matematis siswa (tinggi, sedang, rendah) dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan PMR, pada siswa kemampuan tinggi lebih baik daripada siswa kemampuan sedang dan rendah. Aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang menggunakan PMR, sangat aktif. Respon siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan PMR, positif. Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematis, pendekatan pendidikan matematika realistik. %A Syaiful Syaiful %A Kusumah Yaya S. %A Sabandar Yozua %A Darhim Darhim %L UNY7201