%0 Thesis
%9 S1
%A Chynthya Karina, Ardiyati
%B Jurusan PAUD FIP
%D 2022
%F UNY:71984
%I Universitas Negeri Yogyakarta
%T PARTISIPASI ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI PEMBELAJARAN DARING PADA ANAK KELOMPOK B DI TK TRISULA 1 KUTOARJO
%U http://eprints.uny.ac.id/71984/
%X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk partisipasi orang tua dalam perkembangan kemampuan bahasa melalui pembelajaran daring pada anak kelompok TK B di TK Trisula 1 Kutoarjo.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini dilakukan di TK Trisula 1 Kutoarjo dengan subjek penelitian meliputi guru kelas kelompok B dan orang tua siswa kelompok B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.  Hasil penelitian menunjukan bahwa partisipasi orang tua dalam perkembangan kemampuan bahasa melalui pembelajaran daring diwujudakan melalui 5 bentuk yaitu pengasuhan, komunikasi, sukarela, belajar di rumah dan pengambilan keputusan. Partisipasi orang tua dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak melalui pembelajaran daring mampu mengembangkan kemampuan bahasa anak dalam hal bahasa reseptif, mengekspresikan bahasa dan keaksaraan. Faktor penghambat yaitu kurangnya perhatian orang tua kepada anak dikarenakan orang tua yang sibuk bekerja sehingga tidak setiap saat bisa bersama anak, minat anak untuk mengerjakan tugas bersama orang tua di rumah dirasa kurang. Sementara faktor pendukung dalam partisipasi orang tua berupa adanya waktu yang fleksibel, anak akan mudah belajar melalui pembiasaan, dan tentunya dalam pemerolehan materi lebih mudah yaitu melalui HP, Video-video di Youtube/TV sehingga dapat mengikuti perkembangan zaman.    Kata Kunci : parisipasi, orang tua, bahasa