%0 Thesis %9 S1 %A Eka, Usdiawati %B Jurusan PAUD FIP %D 2021 %F UNY:71973 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MASYITHOH SE-KECAMATAN KRETEK %U http://eprints.uny.ac.id/71973/ %X Anak usia 5-6 tahun di TK Masyithoh se-Kecamatan Kretek belajar huruf hijaiyah menggunakan buku iqro. Walaupun sama-sama menggunakan buku iqro kemampuan membaca huruf hijaiyah mereka berbeda-beda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia 5-6 tahun di TK Masyithoh se-Kecamatan Kretek. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan cara tes, observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini terdiri dari 50 anak usia 5-6 tahun di TK Masyithoh se-Kecamatan Kretek. Objek dari penelitian ini adalah kemampuan membaca huruf hijaiyah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi non partisipan dan wawancara. Instrumen penelitian ini yaitu pedoman observasi non partisipan dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Kemampuan anak dalam membaca huruf hijaiyah di masa pandemi covid 19 secara urut berada pada kriteria anak mampu membaca huruf hijaiyah secara urut dengan lancar, kemampuan membaca huruf hijaiyah secara acak berada pada kriteria anak mampu membaca huruf hijaiyah secara acak dengan bantuan, kemampuan membaca huruf hijaiyah hampir mirip berada pada kriteria anak mampu membaca huruf hijaiyah hampir mirip dengan bantuan, dan kemampuan anak membaca huruf hijaiyah 50% berada pada kriteria kemampuan anak membaca huruf hijaiyah cukup serta 50% berada pada kriteria kemampuan anak membaca huruf hijaiyah baik. Kata kunci: kemampuan, membaca huruf hijaiyah