%0 Thesis %9 S1 %A Weanna, Putri %B Jurusan PAUD FIP %D 2021 %F UNY:71960 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PERAN ORANG TUA DALAM KEGIATAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN SELAMA PROGRAM BELAJAR DARING DI GUGUS V KECAMATAN BERBAH %U http://eprints.uny.ac.id/71960/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam kegiatan mengenal angka pada anak usia 4-5 tahun selama program belajar daring di Gugus V Kecamatan Berbah. Aspek yang diuraikan yaitu peran orang tua sebagai pendidik, sebagai pendorong, sebagai panutan, sebagai teman, sebagai pengawas dan sebagai konselor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi penelitian ini yaitu seluruh TK yang berada dalam lingkup Gugus V Kecamatan Berbah, kemudian diambil sampel sebanyak 3 TK dengan random sampling. Subyek penelitian ini yaitu orang tua/ wali murid anak usia 4-5 tahun. Hasil pengolahan data kemudian disajikan dengan tabel dan grafik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran orang tua dalam kegiatan mengenal angka pada anak usia 4-5 tahun selama program belajar daring di TK ABA Kadipolo, TK Perintis, dan TK Sukro Krido I yaitu baik dalam aspek peran orang tua sebagai pendidik, sebagai panutan, sebagai pengawas dan sebagai konselor. Selanjutnya cukup baik untuk peran orang tua sebagai teman, dan kurang baik untuk sapek orang tua sebagai pendamping. Kata kunci: peran orang tua, mengenal angka, program belajar daring.