%0 Journal Article %@ 978-979-99314-5-0 %A Asep Ikin, Sugandi %D 2011 %F UNY:7194 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta %J Pemantapan Keprofesionalan Peneliti, Pendidik, dan Praktisi MIPA Untuk Mendukung Pembangunan Karakter Bangsa %K pemecahan masalah matematis, komunikasi matematis pembelajaran berbasis masalah, belajar kooperatif tipe Jigsaw, kemandirian belajar, probing, scaffolding, self -concept %T PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN SETTING KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA %U http://eprints.uny.ac.id/7194/ %X Artikel ini melaporkan hasil temuan suatu kuasi eksperimen dengan disain tes akhir kelompok kontrol untuk menelaah pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan setting kooperatif JIGSAW, level sekolah, dan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis serta kemandirian belajar siswa. Studi ini melibatkan 359 siswa dari tiga SMA level rendah, menengah, dan tinggi di kota Cimahi. Instrumen penelitian terdiri dari dua set tes pemecahan masalah dan komunikasi matematis serta satu set skala kemandirian belajar siswa. Penelitian menemukan bahwa pembelajaran berbasis masalah dalam setting belajar kooperatif JIGSAW memberikan pengaruh terbesar dibandingkan dengan pengaruh pembelajaran konvensional, level sekolah, dan kemampuan awal matematika siswa terhadap pencapaian kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik serta kemandirian belajar siswa. Ditemukan pula terdapat interaksi antara pembelajaran dengan level sekolah dan antara pembelajaran dengan level kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis. Namun tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan level sekolah dan antara pembelajaran dengan level kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar. Temuan lainnya adalah terdapat asosiasi yang tinggi antara kemampuan pemecahan masalah dengan kemampuan komunikasi matematis, dan antara kemampuan komunikasi matematis dengan kemandirian belajar. Namun terdapat asosiasi yang cukup antara kemampuan pemecahan masalah dengan kemandirian belajar. Kata kunci : pemecahan masalah matematis, komunikasi matematis pembelajaran berbasis masalah, belajar kooperatif tipe Jigsaw, kemandirian belajar, probing, scaffolding, self -concept