@phdthesis{UNY71912, month = {January}, author = {Arifah Rohmah}, title = {PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPBOOK PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN RUMAH ADAT DI INDONESIA BAGI SISWA KELAS IV B SDN SOMPOKAN SLEMAN}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, year = {2022}, url = {http://eprints.uny.ac.id/71912/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Multimedia Pembelajaran Berbasis Flipbook yang layak digunakan pada pembelajaran IPS materi Keragaman Rumah Adat di Indonesia bagi siswa kelas IV B SDN Sompokan Sleman. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan Research and Development (R\&D) dengan mengadaptasi model pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Dissemination) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Pada penelitian pengembangan ini, peneliti membatasi sampai pada tahap development. Subjek pada penelitian dan pengembangan ini berjumlah 10 siswa kelas IV B SD Negeri Sompokan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa Multimedia Pembelajaran Berbasis Flipbook dinyatakan layak untuk digunakan oleh siswa kelas IV sekolah dasar. Hal ini dibuktikan dari terpenuhinya kriteria minimal baik pada setiap komponen yang terdiri atas validasi materi, validasi media, penilaian guru, dan uji coba lapangan terbatas. Hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata 3,87 dengan kriteria baik. Hasil validasi media terakhir memperoleh skor rata-rata 4,73 dengan kriteria sangat baik. Hasil penilaian guru memperoleh skor rata-rata 4,8 dengan kriteria sangat baik, serta hasil uji coba lapangan terbatas memperoleh skor rata-rata 4,61 dengan kriteria sangat baik. Kata kunci: Multimedia Pembelajaran Berbasis Flipbook, Keragaman Rumah Adat di Indonesia} }