%0 Thesis %9 S2 %A Susilawati, Elli %A Wijaya, Ariyadi %B Pendidikan Matematika %D 2020 %F UNY:71902 %I Program Pascasarjana %K inkuiri, karakter kerja keras, self-efficacy, kemampuan berpikir kritis %T Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Karakter Kerja keras, Self-Efficacy, danKemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. %U http://eprints.uny.ac.id/71902/ %X Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berbasis inkuiri untuk meningkatkan karakter kerja keras, self-efficacy, dan kemampuan berpikir kritis siswa SMP kelas VII yang berkualitas baik dan layak digunakan serta memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas VIIE SMPN 1 Banyubiru. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar respon peserta didik, lembar keterlaksanaan pembelajaran, angket karakter kerja keras, angket self-efficacy, dan tes kemampuan berpikir kritis. Produk yang dikembangkan dalam perangkat pembelajaran matematika berbasis inkuiri untuk meningkatkan karakter kerja keras, self-efficacy dan kemampuan berpikir kritis berupa Lembar Kerja Siswa (LKS). Hasil validasi menunjukkan perangkat yang dikembangkan layak digunakan dengan kategori baik dan memenuhi kriteria valid. Hasil penilaian guru terhadap LKS, respon peserta didik dan keterlaksanaan pembelajaran memenuhi kriteria praktis. Berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis telah memenuhi kriteria efekif. Oleh karena itu, perangkat pembelajaran berbasis inkuiri yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.