%D 2022 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENGEMBANGAN MEDIA RODA PUTAR BERBASIS KODE QR MUATAN IPS MATERI KERAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI AMBARTAWANG %L UNY71886 %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media roda putar berbasis kode QR yang layak dari aspek materi dan media sebagai media pendukung guna meningkatkan antusiasme dan nilai siswa pada pembelajaran IPS khususnya materi keragaman budaya di Indonesia bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Research and Development (RnD) berdasarkan prosedur pengembangan Thiagarajan dengan model 4D yang memiliki 4 tahapan yaitu define, design, develop, and disseminate, namun penelitian ini dibatasi pada tahap develop. Media roda putar berbasis kode QR materi keragaman budaya di Indonesia divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Subjek penelitian berjumlah 21 siswa SD Negeri Ambartawang. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan dikonversi menjadi data kualitatif. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan media roda putar berbasis kode QR muatan IPS materi keragaman budaya di Indonesia layak digunakan dalam pembelajaran IPS materi keragaman budaya di Indonesia berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, respon siswa, dan respon guru. Rerata yang diperoleh dari validasi ahli materi sebesar 4,2 dan termasuk dalam kategori “Sangat Layak” dan validasi ahli media memperoleh rerata sebesar 4,2 dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan penilaian respon siswa memperoleh persentase sebesar 95,2% dengan kategori “Sangat Layak” dan respon guru memperoleh rerata 4,8 dengan kategori “Sangat Layak”. Kata kunci: roda putar, kode QR, keragaman budaya %A Rena Rohindawati