TY - THES N2 - Rendahnya percaya diri siswa dapat menghambat siswa dalam mengembangkan kemampuannya, sehingga tidak sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri siswa kelas V SD Negeri Tersidilor dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token arends. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Tersidilor yang berjumlah 21 siswa. Desain penelitian ini mengacu pada desain PTK menurut Kemmis dan McTaggart (1988) yang berlangsung dalam dua siklus. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah minimal 75% dari jumlah siswa kelas V di SD N Tersidilor memiliki percaya diri yang termasuk pada kategori tinggi dan/ atau sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa percaya diri siswa kelas V SD Negeri Tersidilor dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe time token arends. Pada siklus I, hasil observasi percaya diri siswa rata-rata sebesar 69,58% meningkat menjadi 88,12% pada siklus II, sedangkan hasil angket rata-rata percaya diri siswa pada siklus I sebesar 73,63% meningkat menjadi 84,58% pada siklus II. Pada siklus I, 19,04% dari jumlah siswa memiliki percaya diri yang termasuk pada kategori tinggi, sedangkan pada siklus II, 80,95% dari jumlah siswa memiliki percaya diri yang termasuk pada kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe time token arends dapat meningkatkan percaya diri siswa kelas V SD Negeri Tersidilor. Kata kunci: Percaya Diri, Time Token Arends, Siswa SD. Y1 - 2022/01/18/ A1 - Anisa, Fitria PB - Fakultas Ilmu Pendidikan AV - restricted TI - UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS V DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN ARENDS DI SD NEGERI TERSIDILOR PURWOREJO M1 - skripsi ID - UNY71885 UR - http://eprints.uny.ac.id/71885/ ER -