TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/71884/ M1 - skripsi ID - UNY71884 TI - HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD GUGUS V KECAMATAN MOJOROTO KOTA KEDIRI AV - restricted A1 - Fathurrohma, Yessi PB - Fakultas Ilmu Pendidikan N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi penelitian yaitu siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Mojoroto Kota Kediri sejumlah 141 siswa. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin yang hasilnya 104 siswa menjadi sampel penelitian, dengan teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian yang berisi variabel penelitian, yaitu variabel bebas adalah motivasi belajar dan variabel terikat adalah prestasi belajar. Uji validitas instrumen menggunakan validitas isi oleh expert judgement, yang kemudian diujicobakan kepada 37 siswa, dan dilakukan analisis daya beda dengan koefisien korelasi item total terkoreksi untuk mengetahui butir soal yang gugur. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data meliputi uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas, analisis statistik deskriptif, dan uji hipotesis yang menggunakan analisis korelasi Product Moment Pearson Correlation. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Mojoroto Kota Kediri dengan tingkat hubungan yang kuat. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,00 kurang dari 0,05 yang berarti telah signifikan dan koefisien korelasi yang menunjukkan nilai r hitung (0,783) lebih dari nilai r tabel dengan taraf signifikansi 5% (0,162), yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Adapun nilai koefisien korelasi 0,783 termasuk dalam tingkat hubungan kuat dengan rentang 0,60 ? 0,79. Kata kunci : Pembelajaran, motivasi belajar, prestasi belajar. Y1 - 2022/01/18/ ER -