eprintid: 71864 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/07/18/64 datestamp: 2022-01-18 01:40:53 lastmod: 2022-01-18 01:40:53 status_changed: 2022-01-18 01:40:53 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Noesa, Paramitha Bella title: PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI GADINGAN KULON PROGO ispublished: pub subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam pembelajaran daring di SD Negeri Gadingan Kulon Progo. Pelaksanaan PPK dalam pembelajaran daring dilihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Subyek penelitian ditentukkan menggunakan teknik purposive yang meliputi kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan SD Negeri Gadingan Kulon Progo telah melaksanakan PPK dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi. Tahap perencanaan dilaksanakan dengan kegiatan penyusunan program PPK, nilai-nilai PPK yang diterapkan dalam pembelajaran daring, alokasi waktu pelaksanaan PPK dalam pembelajaran daring, jadwal harian/mingguan pelaksanaan PPK dalam pembelajaran daring, dan nilai nilai PPK dalam RPP daring. Pelaksanaan PPK dalam pembelajaran daring dilaksanakan dengan kegiatan pelaksanaan PPK dalam pembelajaran daring, aplikasi yang digunakan dalam melaksankan PPK, pembiasaan yang dilakukan selama pembelajaran daring, keteladanan yang diberikan guru selama pembelajaran daring, dan penugasan terkait PPK dalam pembelajaran daring. Pada tahap evaluasi, SD Negeri Gadingan Kulon Progo telah melakukan kegiatan evaluasi dengan pengawasan oleh kepala sekolah yang dilanjutkan dengan evaluasi kepada guru dan evaluasi yang dilakukan guru kepada peserta didik dengan menggunakan instrument penilaian sikap melalui pengamatan. Kata kunci: PPK, Pembelajaran daring,Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi date: 2022-01-18 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Noesa, Paramitha Bella (2022) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI GADINGAN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/71864/1/Paramitha%20Bella%20Noesa.pdf