@phdthesis{UNY71826, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA DAKON FPB DAN KPK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 189/VI PINANG MERAH II PAMENANG BARAT MERANGIN JAMBI}, year = {2022}, month = {January}, author = {Ema Widya}, url = {http://eprints.uny.ac.id/71826/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media Dakon FPB dan KPK yang layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa. Peneliti mengembangkan media dakon untuk pembelajaran matematika, khususnya materi FPB dan KPK. Penelitian ini termasuk jenis Research and Development (R\&D). Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan dari Borg \& Gall dengan 5 langkah dari 10 langkah pengembangan yang ada yaitu: 1) Research and Information Collection (Peneliti dan Pengumpulan Informasi), 2) Planning (Perencanaan), 3) Develop Preliminary Form The Product (Pengembangan Bentuk Awal Produk), 4) Preliminary Field Testing (Uji Lapangan Awal), 5) Main Product Revision (Revisi Produk). Subjek peneliti ini berjumlah 12 siswa kelas IV SDN 189/VI Pinang Merah II. Teknik pengumpulan data menggunakan Wawancara, observasi, dan angket. Instrumen pengumpulan data meliputi panduan observasi, panduan wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan Dakon FPB dan KPK yang dihasilkan layak digunakan dalam pembelajaran matematika berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, respond guru dan siswa. Rerata skor yang diperoleh dari validasi ahli materi 4,71 (Sangat Baik), dan validasi ahli media sebesar 3,87 (Baik). Sedangkan penilaian respond peserta didik mendapat rerata skor 59,3 (Sangat Baik) dan respond guru diperoleh rerata skor 4,8 (Sangat Baik). Kata kunci: Mengembangkan media, Dakon, FPB, KPK, Siswa Sekolah Dasar} }