eprintid: 71812 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1233 dir: disk0/00/07/18/12 datestamp: 2022-01-12 03:10:09 lastmod: 2022-01-12 03:10:09 status_changed: 2022-01-12 03:10:09 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wijayati, Arum Nur Trisni Kurnia title: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V PADA MATERI KEBERAGAMAN DI INDONESIA ispublished: pub subjects: media_pend subjects: pssd_pgsd divisions: fip_pgsd full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran PowerPoint interaktif Bhinneka yang layak digunakan pada materi keberagaman di Indonesia untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan dari Borg & Gall dengan tujuh langkah, yaitu penelitian dan pengembangan informasi awal, perencanaan pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi uji coba awal, uji coba lapangan utama, revisi uji coba lapangan utama. Subjek uji coba lapangan awal adalah 3 siswa dan subjek uji coba lapangan utama adalah 12 siswa kelas V SD Negeri Jejeran. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, penilaian media bagi ahli bahasa, materi dan media, angket respon guru, dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan PowerPoint interaktif layak dan mempunyai kualitas tinggi, sehingga dapat digunakan di sekolah dasar. Hasil validasi materi memperoleh skor rata- rata 4,62 memiliki tingkat validitas dan kualitas “sangat baik”. Hasil validitas dari segi bahasa memperoleh skor rata-rata 4,70 memiliki tingkat validitas dan kualitas “sangat baik”. Hasil validitas dari segi media memperoleh skor rata-rata 4,40 memiliki tingkat validitas dan kualitas “sangat baik”. Hasil uji coba lapangan awal pada guru memperoleh skor rata-rata 4,53 dengan tingkat validitas dan kualitas “sangat baik”, sedangkan pada siswa memperoleh skor rata-rata 3,53 dengan tingkat validitas dan kualitas “sangat baik”. Hasil uji coba lapangan utama pada guru memperoleh skor rata-rata 4,80 dengan tingkat validitas dan kualitas “sangat baik”, sedangkan pada siswa memperoleh skor rata-rata 3,75 dengan tingkat validitas dan kualitas “sangat baik”. Jadi, PowerPoint interaktif layak digunakan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Kata kunci: PowerPoint interaktif, meningkatkan pemahaman, keberagaman di Indonesia date: 2022-01-12 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan department: PGSD thesis_type: skripsi citation: Wijayati, Arum Nur Trisni Kurnia (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS V PADA MATERI KEBERAGAMAN DI INDONESIA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/71812/1/Arum%20Nur%20Trisni%20Kurnia%20Wijayati.pdf