TY - JOUR PB - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta JF - Pemantapan Keprofesionalan Peneliti, Pendidik, dan Praktisi MIPA Untuk Mendukung Pembangunan Karakter Bangsa ID - UNY7181 KW - pembelajaran matematika KW - pemecahan masalah KW - kemampuan berpikir kritis Y1 - 2011/05/14/ UR - http://www.uny.ac.id N2 - Tujuan tulisan ini untuk membahas tentang pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah yang dapat menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk mencapai tujuan ini metode yang digunakan adalah dengan mendeskripsikan pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah yang dapat menumbuhkembangkan kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan kajian referensi- referensi yang mendukung. Dalam era globalisasi ini seseorang dapat memperoleh informasi dengan berbagai cara, tempat, dan waktu. Agar informasi yang diperoleh seseorang dapat berdaya guna dan tidak menimbulkan dampak negatif maka diperlukan ?filter? untuk menyaring setiap informasi yang diterima. Salah satu filter tersebut adalah kemampuan berpikir kritis yang dimiliki seseorang. Dengan kemampuan berpikir kritis seseorang akan menentukan/mempertimbangkan secara hati-hati dan sengaja apakah menerima, menolak, atau menunda menerima suatu informasi. Mengingat pentingnya kemampuan berpikir kritis maka kemampuan berpikir kritis perlu dimiliki oleh setiap orang. Kemampuan berpikir kritis dapat diajarkan salah satunya adalah melalui pembelajaran matematika khususnya pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah. Melalui pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah siswa dilatih untuk menggunakan kemampuan berpikir kritis dalam setiap tahapan pemecahan masalah mulai dari memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanakan rencana pemecahan sampai pada mengevaluasi kembali pemecahan yang telah dilaksanakan. Dengan selalu dilatih untuk menggunakan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran matematika dengan pemecahan masalah diharapkan dapat ?menumbuhkembangkan? kemampuan berpikir kritis siswa. Kata kunci: pembelajaran matematika, pemecahan masalah, kemampuan berpikir kritis SN - 978-979-99314-5-0 AV - public TI - PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA A1 - Desti, Haryani ER -