TY - THES Y1 - 2022/01/12/ TI - PENGEMBANGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR BERBASIS AUDIO VISUAL MUATAN KARAKTER DISIPLIN UNTUK SISWA KELAS II SD NEGERI SELOHARJO UR - http://eprints.uny.ac.id/71808/ M1 - skripsi AV - restricted ID - UNY71808 N2 - Pembelajaran jarak jauh dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus COVID- 19. Namun yang terjadi, siswa sering terlambat mengikuti pembelajaran dan terlambat dalam mengumpulkan tugas. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk untuk mengatasi permasalahan tersebut yang berupa media pembelajaran cerita bergambar berbasis audio visual muatan karakter disiplin yang layak digunakan untuk siswa kelas II sekolah dasar. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model ADDIE. Penelitian ini hanya menggunakan tiga dari lima tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), dan Development (Pengembangan). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, penilaian ahli, dan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa media cerita bergambar berbasis audio visual dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran kelas II di sekolah dasar. Hasil validasi materi terhadap media tersebut memperoleh nilai rata-rata 4,40 dengan kategori sangat layak. Hasil validasi media terakhir memperoleh nilai rata-rata 3,81 dengan kategori layak. Hasil respon siswa pada uji coba perseorangan memperoleh nilai rata-rata 4,66 dengan kategori sangat layak dan hasil respon uji coba siswa kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata 4,74 dengan kategori sangat layak. Hasil respon uji coba guru memperoleh nilai rata-rata 4,4 dengan kategori sangat layak. Kata kunci: media, cerita bergambar, audio visual, karakter disiplin PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Wibowo, Widyantoro ER -