@phdthesis{UNY71799, year = {2021}, title = {KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SE-KECAMATAN SANDEN BANTUL}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, author = {Istiwinarni Istiwinarni}, month = {May}, url = {http://eprints.uny.ac.id/71799/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan anak dalam mengenal huruf di TK se-Kecamatan Sanden Bantul. Latar belakang mengambil penelitian ini karena selama pandemi Covid-19 guru tidak mengetahui kemampuan anak dalam mengenal huruf, hanya mengetahui produk dari anak melalui lembar kerja anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 35 anak di TK se-Kecamatan Sanden Bantul. Objek penelitian ini yaitu kemampuan mengenal huruf. Kemampuan mengenal huruf terdapat 2 variabel diantaranya mengetahui bunyi huruf depan dan mengetahui simbol-simbol suatu huruf. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini berupa observasi dan dokumentasi. Instrument dalam penelitian ini berupa lembar observasi (check list). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam mengenal huruf di TK se-Kecamatan Sanden Bantul dalam kriteria baik. Hal ini dapat dilihat dari data lapangan yang menjukkan bahwa dari sepuluh indikator terdapat empat indikator yang masuk dalam kriteria baik diantaranya kemampuan memilih gambar yang sesuai dengan kata yang dilihat, kemampuan menyebutkan huruf awal suatu kata yang dilihat, kemampuan menuliskan huruf yang didengar dan kemampuan menyebutkan huruf pada namanya. Kata kunci: kemampuan mengenal huruf, anak usia dini} }