%0 Thesis %9 S1 %A Khasanah, Uswatun %B PGSD %D 2022 %F UNY:71788 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENERAPAN APLIKASI ONLINE DALAM PEMBELAJARAN DARING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MENGERJAKAN TUGAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGRENAK %U http://eprints.uny.ac.id/71788/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi mengerjakan tugas dan hasil belajar IPA dengan menggunakan aplikasi online pada siswa kelas IV di SD Negeri Ngrenak. Media Quizizz digunakan siswa untuk berlatih dan evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis & McTaggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD N Ngrenak yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Data hasil observasi dan tes dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatkan motivasi mengerjakan tugas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD N Ngrenak. Motivasi mengerjakan tugas siswa dapat dilihat pada indikator pilihan tugas, usaha, dan kegigihan. Hasil observasi motivasi siswa yang berkategori baik dan sangat baik pada siklus I sebesar 55%, yaitu: 17% siswa berkategori sangat baik dan 38% berkategori baik, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 83%, yaitu: 41,5% berkategori sangat baik dan 41,5% berkategori baik. Hasil belajar IPA siswa sebelum tindakan, dari keseluruhan siswa yang berjumlah 29 siswa hanya terdapat 13 siswa atau 45% siswa tuntas, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 23 siswa atau 79% siswa tuntas dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 27 siswa atau 93% siswa tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan aplikasi online dapat meningkatkan motivasi mengerjakan tugas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD N Ngrenak. Kata Kunci: motivasi mengerjakan tugas, hasil belajar IPA, aplikasi online