%L UNY71783 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran ips secara daring dimasa pandemi kelas V Sekolah Dasar Negeri Blumbang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V, guru kelas V dan kepala sekolah SD Negeri Blumbang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teori Miles dan Huberman, dengan menggunakan langkah–langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pembelajaran ips yang dilakukan secara daring guru tetap merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Implementasi pembelajaran IPS secara daring terdiri dari : (1) Perencanaan perangkat pembelajaran IPS secara daring, (2) Pelaksanaan pembelajaran IPS secara daring selama pandemi covid-19, (3) Evaluasi hasil pembelajaran IPS secara daring dimasa pandemi covid-19. Kendala dan hambatan pembelajaran IPS secara daring, terdapat beberapa kendala dan hambatan yaitu, handphone digunakan bergantian, keterbatasan jaringan internet sinyal kurang lancar dan susah, paket data habis, guru tidak bisa mengontrol dan memantau perkembangan siswa secara langsung, respon siswa kadang aktif dan pasif, pengumpulan tugas tidak tepat waktu, handphone milik orang tua dan terkadang dibawa orang tua bekerja. Kata kunci: ips, daring, SD Negeri Blumbang %D 2022 %T IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN IPS SECARA DARING DIMASA PANDEMI KELAS V SD NEGERI BLUMBANG %A Linda Alvianni