%0 Thesis %9 S1 %A Rahma Kun, Nur A’ini %B Jurusan PAUD FIP %D 2021 %F UNY:71763 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI BERBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA ANAK KELOMPOK A2 TK PEDAGOGIA YOGYAKARTA %U http://eprints.uny.ac.id/71763/ %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak kelompok A2 TK Pedagogia Yogyakarta melalui media buku cerita, boneka tangan, dan panggung boneka. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan dalam perkembangan kemampuan bercerita pada kelompok A2. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini anak Kelompok A2 TK Pedagogia Yogyakarta berjumlah 9 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa panduan observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan bercerita pada anak kelompok A2 TK Pedagoia. Langkah-langkah yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan bercerita adalah melakukan apersepsi, guru membuat aturan main dan memulai bercerita, memberikan pertanyaan kepada anak serta memberikan kesempatan kepada anak untuk menceritakan kembali isi cerita dan melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilakukan. Peningkatan dapat dilihat dari observasi yang telah dilakukan. Kemampuan bercerita pada Pra Siklus persentase rata-rata baru mencapai 41%, kemudian pada Siklus I persentase rata-rata meningkat menjadi 61%, dan persentase rata-rata pada Siklus II mampu meningkat hingga 77%. Peningkatan dari Pra Siklus ke Siklus I sebesar 20% dan peningkatan dari Siklus I ke Siklus II sebesar 16%. Kata kunci: kemampuan bercerita, media pembelajaran, anak usia 4-5 tahun.