%L UNY71760 %A Hasanah Amalia %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran serta orang tua, manfaat berperan serta, dan kendala yang dihadapi orang tua saat berperan serta dalam pembelajaran online anak pada masa pandemi Covid-19 di TK ABA Perumnas Condongcatur. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, dua guru kelas (kelas A dan kelas B), empat orang tua (satu orang tua kelas A dan tiga orang tua kelas B), RPP, dan dokumentasi kegiatan pembelajaran online. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi dokumentasi. Data yang diperoleh dari penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif menggunakan teknis analisis data model interaktif Miles dan Huberman. Data hasil penelitian diuji keabsahannya melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) orang tua turut berperan serta dalam pembelajaran online anak berupa menjaga komunikasi dengan guru, membimbing anak selama belajar, mendampingi, memberikan fasilitas yang dibutuhkan, memotivasi, serta memberikan pengaruh baik bagi anak. (2) manfaat yang dirasakan oleh orang tua saat berperan serta dalam pembelajaran online anak meliputi: orang tua menjadi lebih tahu detail anaknya, kesulitan dan kekurangan anak, lebih dekat dengan anak, dapat mendampingi anak lebih lama, lebih sabar, lebih kreatif, tahu perkembangan anak, komunikasi dengan anak lebih intensif, memiliki banyak waktu bermain dengan anak, dan menjadikan orang tua kompak dalam mendampingi anak. (3) Kendala yang orang tua rasa berupa waktu yang tidak dapat disesuaikan dengan mood belajar anak, tidak dapat mendampingi anak secara konsisten, anak merasa bosan dengan kegiatan belajar online. Kata kunci: peran serta, orang tua, pembelajaran online. %T PERAN SERTA ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PAMDEMI COVID-19 DI TK ABA PERUMNAS CONDONGCATUR %D 2021 %I Universitas Negeri Yogyakarta