@phdthesis{UNY71751, year = {2021}, title = {PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK BAKTI SE-KECAMATAN KALASAN}, author = {Purwaningsih Penny}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, month = {April}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil dari tingkat kemandirian anak maupun pola asuh orang tua, untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dengan kemandirian dan untuk mengetahui pengaruh dari setiap pola asuh orang tua (demokratis, otoriter dan permisif) terhadap kemandirian anak usia 5-6 tahun di TK Bakti se-Kecamatan Kalasan khususnya di TK Islam Bakti 1 Kalasan, TK Bakti 2 Glondong, TK Bakti 3 Karangnongko, TK Bakti 4 Karangmojo, TK Bakti 5 Randugunting dan TK Bakti 6 Kowang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto dan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak dan orang tua kelompok b di TK Bakti se-Kecamatan Kalasan dengan total sampel dalam penelitian ini berjumlah 92 anak dan orang tua. Penentuan sampel yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa skala psikologi. Validitas instrumen dilakukan dengan teknik penilaian para ahli (expert judgement). Reliabilitas instrumen diketahui dengan cronbach?s alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi berganda (pengujian asumsi klasik), uji hipotesis dan sumbangan relatif maupun absolut. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebanyak 15,2\% anak memiliki tingkat kemandirian rendah, 68,5 \% anak memiliki kemandirian sedang dan 65,1\% anak memiliki tingkat kemandirian tinggi. Sebanyak 64,1\% orang tua menggunakan pola asuh demokratis, 10,9 \% menggunakan pola asuh otoriter dan 25\% menggunakan pola asuh permisif. Pola asuh dan kemandirian anak memiliki skor signifikan sebesar 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05 dengan nilai f hitung 17,577 {\ensuremath{>}} 2,71 f tabel. Dapat diketahui bahwa pola asuh orang tua berpengaruh terhadap kemandirian anak usia dini. Pada pola asuh demokratis memberikan sumbangan relatif sebesar 80,8\% dan sumbangan efektif sebesar 30,3 \% lebih dominan dari pada pola asuh lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa pola asuh demokratis memberikan hasil peningkatan lebih besar terhadap kemandirian anak daripada pola asuh permisif dan otoriter. Kata kunci: pola asuh orang tua, kemandirian anak}, url = {http://eprints.uny.ac.id/71751/} }