TY - THES PB - Universitas Negeri Yogyakarta A1 - Sekar, Wiyarti N2 - Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi penanaman nilai-nilai karakter pada anak usia 4-5 tahun di TK Masjid Syuhada Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Setting penelitian bertempat di TK Masjid Syuhada yang beralamat di Jl. I Dewa Nyoman Oka No. 13 Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta. Subjek dari penelitian ini ialah kepala sekolah dan empat guru kelas kelompok A. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan model analisis data dari Miles dan Huberman yang di mana aktivitas dalam analisisnya yaitu data condensation, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian yang diperoleh meliputi: 1) Perencanaan pendidikan karakter di TK Masjid Syuhada dilakukan dengan memilih nilai-nilai karakter yang akan dikembangkan 2) Implementasi pendidikan karakter menggunakan metode bercerita, metode diskusi, metode keteladanan, dan metode bermain peran; 3) Evaluasi pelaksanaan pendidikan karakter diperoleh beberapa faktor yang mendukung diantaranya yaitu sarana dan prasarana yang memadai, peran guru yang kompeten, keteladanan dari semua warga sekolah, program pendidikan karakter yang jelas, dan kerja sama antar pihak. Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, TK Masjid Syuhada Y1 - 2021/04/09/ UR - http://eprints.uny.ac.id/71744/ M1 - skripsi ID - UNY71744 TI - IMPLEMENTASI PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK MASJID SYUHADA KOTABARU GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA AV - restricted ER -