TY - JOUR AV - public TI - E-LEARNING ADAPTIF BERBASIS KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK UR - http://www.uny.ac.id JF - Pemantapan Keprofesionalan Peneliti, Pendidik, dan Praktisi MIPA Untuk Mendukung Pembangunan Karakter Bangsa ID - UNY7174 KW - E-learning Adaptif KW - karakteristik peserta didik SN - 978-979-99314-5-0 N2 - Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi telah mempengaruhi masyarakat, khususnya sistem pendidikan menuju paradigma pembelajaran baru diantaranya adalah dengan proses pembelajaran e-Learning. E-Learning adalah wujud penerapan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam bentuk sekolah maya. Sistem e-learning telah banyak dikembangkan oleh berbagai lembaga pendidikan dan menjadi hal yang sangat penting dalam pelaksanaan pendidikan jarak jauh. Sistem e-learning yang ada sekarang ini umumnya menyajikan presentasi materi pembelajaran yang sama untuk setiap pengguna karena menganggap bahwa karakteristik semua pengguna adalah homogen, padahal dalam kenyataannya setiap peserta didik mempunyai karakteristik yang berbeda dalam belajar, di antaranya adalah gaya belajar, tingkat kematangan, latar belakang dan taraf pengetahuan, prestasi belajar dan lain lain, sehingga perlu digunakan sistem E- learning yang mampu untuk mengakomodasi permasalahan perbedaan karakteristik peserta didik tersebut, yang disebut sebagai E-learning adaptif. Model elearning adaptif berbasis karakteristik peserta didik adalah AES-CS(Adaptive Educational System base on Cognitive Style), Adaptive E-Learning Hypermedia System based on Learning Styles (AEHS-LS). Y1 - 2011/05/14/ A1 - Hernawati, Kuswari PB - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta ER -