TY - THES TI - UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN BERMAIN PAPER QUILLING PADA KELOMPOK B2 TK ABA TRISIGAN SANDEN BANTUL AV - restricted M1 - skripsi ID - UNY71736 UR - http://eprints.uny.ac.id/71736/ Y1 - 2021/03/16/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan bermain paper quilling pada kelompok B2 TK ABA Trisigan Sanden Bantul. Keterampilan motorik halus sangat penting untuk mendukung jenjang pendidikan selanjutnya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian berjumlah 14 anak. Objek penelitian ini adalah keterampilan motorik halus anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dengan masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik halus anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain paper quilling. Langkah-langkah yang ditempuh untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak adalah 1) anak diberikan penjelasan mengenai cara bermain paper quilling; 2) anak dibagi ke dalam 4 kelompok yang terdiri dari 3-4 anak; 3) anak membuat aturan permainan dengan bimbingan guru; 4) anak bermain paper quilling dengan media 3 dimensi. Hasil keterampilan motorik halus anak yang mendapatkan kriteria Berkembang Sangat Baik mengalami peningkatan dari 0% atau tidak ada anak yang mendapatkan kriteria Berkembang Sangat Baik pada pratindakan, kemudian menjadi 35,71% atau 5 anak pada Siklus I dan mengalami peningkatan 50% menjadi 85,71% atau 12 anak pada Siklus II. Penelitian ini dihentikan sampai Siklus II dikarenakan sudah memenuhi kriteria keberhasilan yaitu 76% dari 14 anak mencapai kriteria Berkembang Sangat Baik. Kata kunci: keterampilan motorik halus, paper quilling, anak A1 - Ninda, Oktaviani PB - Universitas Negeri Yogyakarta ER -