%0 Journal Article %@ 978-979-99314-5-0 %A Heri, Retnawati %D 2011 %F UNY:7173 %I Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta %J Pemantapan Keprofesionalan Peneliti, Pendidik, dan Praktisi MIPA Untuk Mendukung Pembangunan Karakter Bangsa %K teori respons butir, generalized partial credit model %T MENGESTIMASI KEMAMPUAN PESERTA TES URAIAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN TEORI RESPONS BUTIR DENGAN PENSKORAN POLITOMUS DENGAN GENERALIZED PARTIAL CREDIT MODEL %U http://eprints.uny.ac.id/7173/ %X Dalam pelaksanaan tes uraian, penskoran biasanya dilakukan secara parsial berdasarkan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk menjawab benar suatu butir soal. Penskoran dilakukan perlangkah dan skor perbutir diperoleh peserta diperoeh dengan menjumlah skor siswa tiap langkah, dan kemampuan diestimasi dengan skor mentah. Model penskoran seperti ini belum tentu tepat, karena tingkat kesulitan tiap langkah tidak diperhitungkan. Pendekatanl alternatif yang dapat digunakan yakni pendekatan teori respons butir untuk penskoran politomus, salah satunya dengan generalized partial credit model (GPCM). Pada artikel ini disajikan penskoran butir pada GPCM, model matematikanya, estimasi parameternya, dan estimasi kemampuan peserta disertai kasus dan pemanfaatan software Parscale dari SSi. Kata kunci: teori respons butir, generalized partial credit model