@phdthesis{UNY71720, author = {Dita Widyaningrum}, title = {PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI PERUBAHAN ENERGI KELAS III SD NEGERI JAMBON KULON PROGO}, month = {January}, year = {2022}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, url = {http://eprints.uny.ac.id/71720/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kepraktisan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada pembelajaran tematik berbasis pendekatan saintifik materi perubahan energi untuk peserta didik kelas III sekolah dasar yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk jenis Research and Development (R\&D) berdasarkan prosedur Thiagarajan yang memiliki 4 tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate, namun penelitian ini hanya dibatasi pada tahap develop. Subjek penelitian ini berjumlah 11 peserta didik kelas III SD Negeri Jambon. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada pembelajaran tematik berbasis pendekatan saintifik materi perubahan energi yang dihasilkan layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran tematik materi perubahan energi berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, respon peserta didik dan guru. Rerata skor yang diperoleh dari validasi ahli materi yaitu sebesar 4,73 termasuk dalam kategori sangat layak dan validasi ahli media sebesar 5,00 termasuk dalam kategori sangat layak. Sedangkan, penilaian respon peserta didik mendapatkan persentase sebesar 96,36\% termasuk dalam kategori sangat layak dan respon guru diperoleh rerata skor 4,8 termasuk dalam kategori kategori sangat layak. Kata kunci: LKPD, Saintifik, Tematik.} }