TY - THES A1 - Sa?adah, Kuniy Naili PB - Fakultas Ilmu Pendidikan Y1 - 2022/01/05/ N2 - Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran papan tabel FPB dan KPK (PAPEKA) yang layak dan praktis digunakan untuk pembelajaran matematika materi FPB dan KPK di kelas IV SD Negeri Banyurejo 1. Jenis penelitan ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) yang melalui 7 dari 10 langkah penelitian model Borg and Gall. Langkah penelitian yang dilakukan peneliti yakni pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, dan revisi produk akhir. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan angket respon. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi media dan validasi materi oleh ahli, media telah layak digunakan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi materi dengan skor rata-rata 3,6 dan hasil validasi media dengan rata-rata skor 3,3, yang termasuk pada kategori ?layak?. Hasil penilaian guru pada uji lapangan awal menunjukkan kategori ?praktis? dengan skor rata-rata 3,9. Pada uji coba lapangan awal dan uji coba lapangan utama oleh siswa media juga menunjukkan hasil dengan kategori ?praktis? dengan skor rata-rata 3,44 dan 3,54. Secara keseluruhan, media ini sudah dapat digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas IV Sekolah Dasar. Kata Kunci: media pembelajaran, FPB dan KPK, matematika UR - http://eprints.uny.ac.id/71708/ AV - restricted TI - PENGEMBANGAN MEDIA PAPEKA ?PAPAN TABEL FPB DAN KPK? PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI BANYUREJO 1 M1 - skripsi ID - UNY71708 ER -