@phdthesis{UNY71707, author = {Ayu Rosyiida}, title = {PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF MATERI PENGAMALAN PANCASILA (PIMPA) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS II SD NEGERI JATISARI}, month = {January}, year = {2022}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, url = {http://eprints.uny.ac.id/71707/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk media PowerPoint Interaktif Materi Pengamalan Pancasila (PIMPA) yang layak untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas II SD Negeri Jatisari. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan mengacu pada model Planning, Production, and Evaluation (PPE) oleh Richey dan Klein. Sesuai nama model tersebut, langkah-langkah pengembangan PPE terdiri atas 1) planning (perancangan); 2) production (pembuatan produk); dan 3) evaluation (mengevaluasi). Pada tahap evaluasi dilakukan evaluasi formatif berupa validasi oleh ahli media dan ahli materi. Uji coba yang dilakukan, meliputi uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Subyek uji coba, yaitu sebanyak 3 siswa pada uji coba perorangan, sebanyak 6 siswa pada uji coba kelompok kecil, serta seorang guru kelas II SDN Jatisari pada kedua uji coba. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa media PIMPA yang dikembangkan masuk dalam kategori layak. Hal ini dibuktikan melalui: 1) hasil validasi ahli media tahap II memeroleh persentase 85\% (sangat layak); 2) hasil validasi ahli materi tahap II memeroleh persentase 90\% (sangat layak); 3) hasil uji coba perorangan mendapatkan skor 101 dengan persentase 84,17\% (sangat layak); 4) hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan skor 199 dengan persentase 90,42\% (sangat layak); serta 5) hasil penilaian guru pada uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil memeroleh persentase 85\% (sangat layak) dan 95\% (sangat layak). Kata kunci: media pembelajaran interaktif, powerpoint, pengamalan pancasila} }