%I Fakultas Ilmu Pendidikan %A Irmala Karindo Anindya %T PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ANDROID UNTUK MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN PADA SISWA KELAS V SDN NGEMPLAK 3 KABUPATEN SLEMAN %D 2022 %X Penelitian ini dimulai dari permasalahan pembelajaran daring yang terkendala media yang berbasis teknologi, sehingga kegiatan pembelajaran kurang berkesan untuk siswa. Hal tersebut berdampak pada sulitnya memahami materi yang diberikan oleh guru salah satunya pada penjumlahan dan pengurangan pecahan. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan aplikasi Operasi Hitung Pecahan sebagai multimedia interaktif berbasis android yang layak untuk kelas V SD Negeri Ngemplak 3. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Allesi dan Trolip yang didalamnya terdapat 3 tahap, yaitu: perencanaaan, desain dan pengembangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aplikasi operasi hitung pecahan layak digunakan di sekolah dasar. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi materi terakhir memperoleh nilai rata-rata 4,8 dengan katagori “Sangat Baik”, hasil validasi media terakhir memperoleh nilai rata-rata 4,05 dengan katagori “Baik”. Uji coba produk dari hasil angket siswa memperoleh nilai rata-rata 4,63 dengan katagori “Sangat Baik” dan dari angket guru memperoleh rata-rata 4,88 dengan katagori “Sangat Baik”. Kata kunci: multimedia, aplikasi, penjumlahan dan pengurangan pecahan. %L UNY71704