TY - THES Y1 - 2022/01/05/ N2 - Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya penggunaan media pembelajaran di SD N Wonosari IV khususnya pada kelas IV, guru hanya menggunakan buku tematik dan LKS sebagai media pembelajaran sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran PPKn khususnya materi Pancasila. Peserta didik memiliki anggapan bahwa PPKn mata pelajaran yang susah dikarenakan banyak materi yang perlu dihafalkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototype media TEBAR PALA (Tebak Gambar Pancasila) berbasis android yang layak untuk peserta didik kelas IV. Untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran maka melalui tahap validasi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dan menggunakan model pengembangan Borg and Gall (Riyanto & Hatmawan, 2020:5) yang memiliki 10 tahap penelitian. Penelitian dilakukan di SD N Wonosari IV, khususnya pada peserta didik kelas IV sebanyak 9 anak. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, pemberian skala penilaian untuk validasi ahli materi dan ahli media, penilaian oleh guru, serta penilaian peserta didik sebagai respon pengguna media. Hasil penelitian ini berupa media TEBAR PALA (Tebak Gambar Pancasila) berbasis android yang dinyatakan layak atau sangat baik oleh ahli materi, ahli media, guru dan peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi ahli materi yang mendapatkan skor 4,4, hasil validasi ahli media mendapatkan skor 4,2, penilaian guru mendapatkan skor 5, dan 4,8 rata-rata skor dari peserta didik. Kata kunci: media, TEBAR PALA, PPKn, Pancasila A1 - Megawati, Annas Tasya PB - Fakultas Ilmu Pendidikan ID - UNY71701 M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN "TEBAR PALA" (TEBAK GAMBAR PANCASILA) BERBASIS ANDROID UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV AV - restricted UR - http://eprints.uny.ac.id/71701/ ER -