TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/71700/ M1 - skripsi ID - UNY71700 TI - PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL STORYTELLING UNTUK PEMBELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN RUMAH ADAT KELAS IV SD NEGERI DALANGAN, SLEMAN AV - restricted A1 - Yahya, Ulfah Rahmawanti PB - Fakultas Ilmu Pendidikan N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran digital storytelling yang layak digunakan untuk materi keragaman rumah adat di Indonesia pada kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) yang mengadaptasi model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate) yang dipopulerkan oleh Reiser dan Mollenda. Subjek uji coba yang terlibat dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Dalangan, Sleman Tahun Ajaran 2020/2021. Subjek uji coba perorangan melibatkan sebanyak 3 orang siswa, sedangkan uji coba lapangan melibatkan 27 siswa. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan angket. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara, pedoman observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Produk yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini adalah media digital storytelling materi keragaman rumah adat yang layak digunakan untuk kelas IV sekolah dasar. Produk penelitian telah melalui tahap analysis, design, develop, implement, dan evaluate. Hasil validasi materi memperoleh nilai rata-rata 3,90 dengan kriteria ?baik?. Hasil validasi media memperoleh nilai rata-rata 4,20 dengan kriteria ?baik?. Hasil penilaian dari guru memperoleh nilai rata-rata 4,90 dengan kriteria ?sangat baik?. Hasil uji coba perorangan memperoleh nilai rata- rata 4,33 dengan kriteria ?sangat baik? dan uji coba lapangan memperoleh nilai rata-rata 4,42 dengan kriteria ?sangat baik?. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media digital storytelling dinyatakan layak digunakan untuk materi keragaman rumah adat pada kelas IV SD. Kata kunci: media digital storytelling, IPS, kelas IV SD Y1 - 2022/01/05/ ER -