TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/71697/ ID - UNY71697 M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA PERUBAHAN LINGKUNGAN SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO YOGYAKARTA AV - restricted PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Muhammad, Ali Y1 - 2022/01/05/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan e-modul interaktif pembelajaran tematik subtema perubahan lingkungan untuk kelas V SD Negeri 1 Pengasih, dan 2) mengetahui kelayakan e-modul interaktif pembelajaran tematik subtema perubahan lingkungan untuk kelas V SD Negeri 1 Pengasih. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan 3 dari 4 tahap yang terdapat pada model Four-D Model (4D). Tahap yang dilakukan oleh peneliti yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), dan Develop (pengembangan). Subjek uji coba terbatas adalah 4 orang siswa kelas V di SD Negeri 1 Pengasih. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah wawancara, observasi, angket, skala, sedangkan analisis data, peneliti menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Produk penelitian ini berupa bahan ajar e-modul interaktif subtema perubahan lingkungan. 2) Produk telah dinyatakan layak digunakan untuk kelas V SD melalui validasi ahli. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan hasil validasi materi yang memperoleh skor rata-rata 3,86 dengan kriteria ?baik?. Hasil validasi media memperoleh skor rata-rata 4,44 dengan kriteria ?sangat baik?. Hasil uji respon dari guru memperoleh skor rata- rata 4,92 dengan kriteria ?sangat baik?. Hasil uji respon siswa memperoleh skor rata-rata 4,94 dengan kriteria ?sangat baik?. Dengan demikian bahan ajar e-modul interaktif pembelajaran tematik subtema perubahan lingkungan layak digunakan untuk pembelajaran kelas V sekolah dasar. Kata kunci: pengembangan e-modul interaktif, perubahan lingkungan, kelas V SD ER -