%0 Thesis %9 S1 %A Hanim, Gia Afifah %B PGSD %D 2022 %F UNY:71692 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KOTAK BUDAYA MATERI KERAGAMAN RUMAH ADAT DAN PAKAIAN ADAT DI INDONESIA PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SAWIT %U http://eprints.uny.ac.id/71692/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan kotak budaya yang layak dan efektif digunakan untuk materi keragaman rumah adat dan pakaian adat di Indonesia pada mata pelajara IPS untuk siswa kelas IV SD. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan dari Borg & Gall dengan sembilan langkah pengembangan, yaitu pengumpulan informasi, perencanaan, bentuk produk awal, uji lapangan tahap awal, revisi terhadap produk utama, uji lapangan utama, revisi produk operasional, uji lapangan operasional, dan revisi produk akhir. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 23 siswa kelas IV SD Negeri 2 Sawit. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan kotak budaya layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi materi memperoleh skor rata-rata 4,3 dengan kategori “sangat baik” atau “sangat layak”. Hasil validasi media memperoleh skor rata-rata 4,1 dengan kategori “baik” atau “layak”. Hasil tanggapan siswa berdasarkan uji coba lapangan tahap awal memperoleh skor rata- rata 4,7 dengan kategori “sangat baik” atau “sangat layak”. Hasil uji coba lapangan utama memperoleh skor rata-rata 4,94 dengan kategori “sangat baik” atau “sangat layak”. Hasil uji coba lapangan operasional memperoleh skor rata-rata 4,97 dengan kategori “sangat baik” atau “sangat layak”. Hasil tanggapan guru memperoleh skor rata-rata 5 dengan kategori “sangat baik” atau “sangat layak”. Secara keseluruhan, media permainan kotak budaya layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran IPS di kelas IV. Kata kunci: permainan kotak budaya, mata pelajaran IPS