TY - JOUR A1 - Muh., Rizal PB - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta Y1 - 2011/05/14/ N2 - Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses berpikir siswa SD berkemampuan matematika tinggi dalam melakukan estimasi masalah berhitung. Pengungkapan proses berpikir ini dilakukan di kelas V SD, dengan mengambil subjek minimal satu orang dari siswa berkemampuan matematika tinggi (skor ? 75). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir siswa yang berkemampuan matematika tinggi dalam memahami masalah adalah proses akomodasi karena memahami masalah melalui pembacaan yang berulang. Dalam membuat perencanaan pemecahan masalah, subjek berkemampuan matematika tinggi menggunakan strategi estimasi, dalam membuat rencana tersebut tidak dapat ditentukan dengan segera namun ia mengakomodasi bilangan yang mempunyai keterkaitan sehingga mudah dihitung secara mental, dalam hal ini proses berpikirnya adalah proses akomodasi. Dalam melaksanakan rencana, siswa berkemampuan matematika tinggi melaksanakan sesuai rencana dan berhitung secara mental, sehingga proses berpikirnya adalah asimilasi. Dalam mengecek pekerjaan, siswa berkemampuan tinggi menelusuri kembali pekerjaan yang telah dibuat sebelum dan sesudah penyelesaian akhir melalui berhitung mental, sehingga proses berpikirnya adalah asimilasi. Kata kunci: Proses berpikir, estimasi, asimilasi dan akomodasi, langkah-langkah Polya. SN - 978-979-99314-5-0 KW - Proses berpikir KW - estimasi KW - asimilasi dan akomodasi KW - langkah-langkah Polya ID - UNY7169 JF - Pemantapan Keprofesionalan Peneliti, Pendidik, dan Praktisi MIPA Untuk Mendukung Pembangunan Karakter Bangsa UR - http://www.uny.ac.id TI - PROSES BERPIKIR SISWA SD BERKEMAMPUAN MATEMATIKA TINGGI DALAM MELAKUKAN ESTIMASI MASALAH BERHITUNG AV - public ER -