relation: http://eprints.uny.ac.id/71680/
title: UPAYA IMPLEMENTASI KARAKTER DISIPLIN PADA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI SISWA KELAS IV SD N TEGALSARI GIRIMULYO KULON PROGO YOGYAKARTA
creator: Sulistyo, Irfan
subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
description: Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  implementasi  karakter disiplin pada pembelajaran di masa pandemi siswa kelas IV SD Negeri Tegalsari Girimulyo Kulon Progo  Yogyakarta. Aspek  yang diteliti  yaitu upaya  guru dalam implementasi  karakter  disiplin  pada  pembelajaran  daring  siswa  kelas  IV  SD  N Tegalsari.   Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek guru kelas IV, siswa kelas IV, dan kepala sekolah SD N Tegalsari. Penggumpulan data dalam penelitian  ini  menggunakan  observasi,  wawancara,  dan  dokumentasi.  Teknik analisis  data  menggunakan  model  Miles  dan  Huberman  yang  meliputi pengumpulan  data,  kondensasi  data,  penyajian  data,  serta  menarik kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.   Hasil penelitian menunjukan bahwa guru sudah menerapkan implementasi karakter  disiplin  pada  pembelajaran  di  masa  pandemi  siswa  kelas  IV  SD  Negeri Tegalsari.  Upaya  yang  dilakukan  yaitu  dengan:  1)  Inkulkasi/penanaman  nilai, inkulkasi yang dilakukan guru yaitu menggunakan tata tertib sekolah sebagai acuan dalam  menanamkan  nilai  karakter  disiplin,  melalui  komunikasi  secara  intens dengan  orang  tua  siswa  terkait  kegiatan  pembelajaran  dan  kesulitan  yang dialaminya,  memberikan  pemahaman  kepada  siswa  kelas  IV  terkait  karakter disiplin.  2)  Keteladanan,  keteladanan  yang  dilakukan  guru  yaitu  dengan pembiasaan, seperti mengenakan seragam dengan rapi, dan memulai pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu dan permodelan yang dilakukan guru, seperti datang kesekolah tepat waktu, dan mengirim tugas ke siswa tepat waktu. 3) Fasilitasi nilai, fasilitasi  nilai  yang  dilakukan  guru  yaitu  dengan  pemberian  kegiatan  kepada siswanya  selama  pembelajaran  daring,  seperti  memberikan  tugas  siswa  untuk memberihkan  dan  merawat  lingkungan  dan  pemberian  slogan-slogan  atau  aturan untuk siswanya, seperti melalui tempelan di dinding kelas, dan melalui grup WA. 4)  Pengembangan  ketrampilan  nilai,  pengembangan  ketrampilan  nilai  yang dilakukan guru yaitu dengan memberikan kegiatan rutin kepada siswanya, seperti presensi,  dan  berdoa  sebelum  memulai  pembelajaran  dan  memberikan  kegiatan spontan  untuk  siswanya,  seperti  membiasakan  bersikap  sopan  santun,  dan melakukan zoom.      Kata kunci: Implementasi Karakter Disiplin
date: 2022-01-04
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: http://eprints.uny.ac.id/71680/1/Irfan%20Sulistyo.pdf
identifier:   Sulistyo, Irfan  (2022) UPAYA IMPLEMENTASI KARAKTER DISIPLIN PADA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI SISWA KELAS IV SD N TEGALSARI GIRIMULYO KULON PROGO YOGYAKARTA.  S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.