%0 Thesis %9 S1 %A Prativi, Dwi Febriyanti Indah %B PGSD %D 2022 %F UNY:71679 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI DI SD NEGERI LEMBARAWA 02 BREBES %U http://eprints.uny.ac.id/71679/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan pengembangan diri di Sekolah Dasar Negeri Lembarawa 02. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan peneliti berkaitan dengan pendidikan karakter melalui kegiatan pengembangan diri di sekolah dasar tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu SD Negeri Lembarawa 02, objek penelitian yaitu pendidikan karakter melalui kegiatan pengembangan diri, dan narasumber penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan model Miles & Huberman meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui: 1) kegiatan ekstrakurikuler dan 2) kegiatan pembiasaan. Kemudian nilai karakter yang dikembangkan di SD Negeri Lembarawa melalui kegiatan ekstrakurikuler dan pembiasaan diantaranya nilai religius, disiplin, cinta tanah air, bersahabat, kreatif, rasa ingin tahu, tanggung jawab, toleransi, kejujuran, peduli lingkungan, dan peduli sosial. Hambatan yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD Negeri Lembarawa 02 yaitu dari lingkungan sekolah, siswa, dan kerjasama orang tua. Kata kunci: pendidikan karakter, pengembangan diri, SD Negeri Lembarawa 02