%0 Thesis %9 S1 %A Paramastri, Wahyu %B PGSD %D 2022 %F UNY:71676 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PEMBELAJARAN ONLINE MASA PANDEMI COVID-19 DI SD NEGERI 2 BLUNYAHAN %U http://eprints.uny.ac.id/71676/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 melalui pembelajaran online dengan mendeskripsikan proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran online di SD 2 Blunyahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 melalui pembelajaran online dilakukan mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran online. Proses perencanaan meliputi penyusunan RPP, pemilihan aplikasi belajar, dan menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran online. Penyusunan RPP disesuaikan dengan kebutuhan selama pembelajaran online. Pelaksanaan pembelajaran online dilakukan berdasarkan perencanaan yang telah disusun sebelumnya. Pada pelaksanaannya ditemui beberapa kendala seperti ketidaksesuaian antara aplikasi belajar yang digunakan dengan RPP yang telah disusun, sulit melakukan komunikasi, dan terdapat siswa terlambat mengumpulkan tugas. Evaluasi pembelajaran online menunjukkan bahwa pembelajaran online khususnya sekolah dasar sebaiknya hanya sebagai pelengkap saja. Pembelajaran yang utama tetap dilakukan di sekolah. Hasil belajar siswa SD 2 Blunyahan selama pembelajaran online mengalami penurunan jika dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka. Kata kunci: pembelajaran online, sekolah dasar