%0 Thesis %9 S1 %A Ariesta, Voni %B PGSD %D 2022 %F UNY:71675 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENGEMBANGAN MEDIA MOKO “MONOPOLI EKONOMI” DALAM PEMBELAJARAN IPS MATERI KEGIATAN EKONOMI KELAS 4 SD N SOKA WONOSARI %U http://eprints.uny.ac.id/71675/ %X Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran MOKO “Monopoli Ekonomi” yang layak digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa dan mengetahui efektifitas media dalam memahami materi kegiatan ekonomi di kelas IV SD N Soka Wonosari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Tahapan yang dilakukan peneliti yaitu pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, uji coba produk, dan revisi produk. Subjek penelitian ini adalah empat siswa kelas 4 dari SD Negeri Soka Wonosari. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan angket. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil dari pengembangan media MOKO “Monopoli Ekonomi” sudah dinyatakan layak untuk meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar melalui beberapa proses validasi. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi media yang memperoleh skor rata-rata 4,21 dengan kategori “Baik” dan validasi materi yang memperoleh skor rata-rata 4,375 dengan kategori “Sangat Baik”. Pada uji coba lapangan memperoleh skor rata-rata 4,875 dari guru dengan kategori “Sangat baik” dan memperoleh skor rata-rata 4,94 dari siswa dengan kategori “Sangat Baik”. Media MOKO “Monopoli Ekonomi” ini efektif untuk meningkatkan pemahaman materi kegiatan ekonomi. Hal tersebut ditunjukkan dari nilai rata-rata posttest yaitu 92,5 lebih besar dari nilai rata-rata pretest yaitu 47,5, serta terdapat peningkatan pada nilai siswa sebesar 94,73%. Kata kunci : media, monopoli, kegiatan ekonomi, efektifitas