%D 2022 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENGEMBANGAN MEDIA PETA MAGNETIK SUMBER DAYA ALAM PROVINSI JAWA TENGAH PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK SISWA KELAS IV SD N 3 PUNDUHSARI MANYARAN WONOGIRI %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media peta magnetik sumber daya alam Provinsi Jawa Tengah yang layak digunakan sebagai media pembelajaran IPS pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Punduhsari. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan ADDIE meliputi lima tahap yaitu, tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pada tahap pengembangan media peta magnetik sumber daya alam Provinsi Jawa Tengah dinilai kelayakannya oleh satu ahli materi, satu ahli media, satu guru, delapan siswa dalam uji coba lapangan terbatas, dan dua belas siswa dalam uji coba lapangan utama. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media peta magnetik sumber daya alam Provinsi Jawa Tengah ini layak digunakan di sekolah dasar. Produk penelitian telah melalui tahap desain produk, validasi materi, validasi media, dan uji coba produk. Hasil validasi materi terakhir memperoleh skor rata-rata 4,33 dengan katagori “Sangat Baik atau Sangat Layak”. Hasil validasi media terakhir memperoleh skor rata-rata 4,05 dengan katagori “Baik atau layak”. Hasil uji coba lapangan terbatas pada guru memperoleh skor rata-rata 4,7 dengan kategori “sangat baik atau sangat layak”, sedangkan pada siswa memperoleh rata-rata skor 4,33 dengan kategori “sangat baik atau sangat layak”. Hasil uji coba lapangan utama pada siswa memperoleh rata-rata skor 4,34 dengan kategori “sangat baik atau sangat layak”. Kata kunci: media, peta magnetik, IPS, kelas IV sekolah dasar %A Tahta Asmoro Gumelar %L UNY71667