@phdthesis{UNY71659, month = {December}, author = {14105241026 Nur Muh Ishaq Arrosidi}, year = {2021}, title = {PENGELOLAAN PROGRAM KELAS PERPUSTAKAAN SISWA KELAS 4 DI SD MUHAMMADIYAH SAPEN YOGYAKARTA}, school = {Universitas Negeri Yogyakarta}, url = {http://eprints.uny.ac.id/71659/}, keywords = {Pembelajaran, Program Perpustakaan, Pendidikan}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Perencanaan program Kelas Perpustakaan, 2) Pelaksanaan program Kelas Perpustakaan, dan 3) Faktor pendukung dan penghambat program Kelas Perpustakaan di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pustakawan, wali kelas 3, dan peserta didik. Objek penelitian ini adalah pengelolaan Program Kelas Perpustakaan di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengukur keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan: 1) Perencanaan program Kelas Perpustakaan meliputi analisis kebutuhan program, model program, penyusunan RPP, materi, sumber belajar, serta metode pembelajaran. 2) Pelaksanaan program Kelas Perpustakaan menerapkan model pembelajaran berbasis proyek yang meliputi waktu dan tempat pelaksanaan, metode yang digunakan yaitu ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan, media yang digunakan yaitu buku, slide powerpoint, video, dan internet, sumber belajar yang digunakan yaitu buku dan video, dan peran pustakawan dan wali kelas yaitu sama-sama sebagai penyelenggara serta pengajar. 3) Faktor pendukung program adalah sarana prasarana yang mendukung serta dukungan penuh dari sekolah mengenai pengadaan buku. Faktor penghambatnya adalah pemahaman beberapa wali kelas yang kurang terkait program Kelas Perpustakaan, kurangnya tenaga perpustakaan serta latar belakang dari pustakawan yang bukan guru.} }