%0 Thesis %9 S1 %A Ferika Cahya Rina, 16105241012 %B Teknologi Pendidikan %D 2021 %F UNY:71657 %I Universitas Negeri Yogyakarta %T EVALUASI PROGRAM EKSTRAKURIKULER INFORMATION AND TECHNOLOGY STUDY COMMUNITY DI SMK NEGERI 2 KLATEN %U http://eprints.uny.ac.id/71657/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program ekstrakurikuler ITSC di SMK Negeri 2 Klaten. Tujuan dari evaluasi ini yaitu : (1) Mengetahui ketercapaian context program ekstrakurikuler ITSC di SMK Negeri 2 Klaten. (2) Mengetahui ketercapaian input program ekstrakurikuler ITSC di SMK Negeri 2 Klaten. (3) Mengetahui ketercapaian process program ekstrakurikuler ITSC di SMK Negeri 2 Klaten. (4) Mengetahui ketercapaian product program ekstrakurikuler ITSC di SMK Negeri 2 Klaten. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model CIPP. Subyek pada penelitian ini merupakan semua yang terlibat secara langsung pada proses pelaksanaan program ekstrakurikuler ITSC yaitu 67 orang peserta program, 36 orang peserta dan pengurus program, dan 5 orang pembina program. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah mix methods yaitu skala, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan teknik korelasi product moment sedangkan uji realibilitas menggunakan teknik alpha cronbach. Perhitungan uji validitas dan realibilitas tersebut menggunakan bantuan SPSS versi 20.0 for windows. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analsisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasar empat aspek yang diteliti program ekstrakurikuler Information Technology and Study Community di SMK Negeri 2 Klaten secara keseluruhan baik yaitu mencapai skor 68,89%. Pertama, pada aspek context program dikategorikan baik karena berada pada skor 72,87%. Kedua, pada aspek input program dikategorikan baik karena berada pada skor 71,56%. Ketiga, pada aspek process program dikategorikan baik karena berada pada skor 61,07%. Keempat, pada aspek product program dikategorikan baik karena berada pada skor 70,02%. Kata Kunci : CIPP, ekstrakurikuler, evaluasi, evaluasi program