@phdthesis{UNY71647, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, title = {PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF APKEDU BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA SISWA KELAS IVB SD NEGERI PERCOBAAN 4}, year = {2022}, month = {January}, author = {Norma Ellystyorini}, abstract = {Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan belum tersedianya media pembelajaran daring pada materi keberagaman karaktersitk individu di kelas IVB SD Negeri Percobaan 4. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran interaktif APKEDU yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk penelitian dan pengembangan (R\&D) yang mengacu pada metode pengembangan Borg and Gall yang dibatasi pada tujuh langkah, yaitu: 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba lapangan awal, 6) uji coba lapangan utama, dan 7) revisi hasil uji coba lapangan utama. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dan skala penilaian. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan multimedia pembelajaran interaktif APKEDU layak digunakan untuk siswa kelas IV sekolah dasar. Hal ini berdasarkan pada hasil validasi produk dengan ahli materi 4,89 kategori ?Sangat Baik?, validasi produk dengan ahli media tahap pertama 3,85 kategori ?Baik? dan tahap kedua 4,31 kategori ?Sangat Baik?, penilaian guru kelas sebagai pengguna praktisi 5 kategori ?Sangat Baik?, penilaian siswa sebagai pengguna pada uji coba lapangan awal 4,12 kategori ?Baik?, serta uji coba lapangan utama 4,91 kategori ?Sangat Baik?. Kata kunci: multimedia pembelajaran interaktif APKEDU, keberagaman, siswa kelas IV SD}, url = {http://eprints.uny.ac.id/71647/} }