%L UNY71640 %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini mengembangkan media Papan Tempel Pecahan (PAPECA) yang layak digunakan dalam pembelajaran matematika materi pecahan di kelas III. Media pembelajaran yang dikembangkan diuji tingkat kelayakannya oleh ahli materi dan ahli media. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan dari Borg and Gall melalui 7 dari 10 langkah yang ada. Langkah-langkah tersebut yaitu pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk hasil uji coba, uji coba lapangan utama, dan penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III di SD Negeri Paraksari. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil dari pengembangan media Papan Tempel Pecahan (PAPECA) dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut berdasarkan hasil dari validasi materi dan validasi media oleh ahli, serta berdasarkan hasil uji coba lapangan. Hasil validasi materi menunjukkan kategori baik dengan skor rata-rata 3,87 sedangkan validasi media menunjukkan kategori sangat baik dengan skor rata- rata 4,65 dan media PAPECA layak digunakan. Hasil uji coba lapangan awal menunjukkan kategori sangat baik dengan skor rata-rata 4,3 dari respon siswa dan 4,6 dari respon guru. Hasil uji coba lapangan utama menunjukkan kategori sangat baik dengan skor rata-rata 4,62 dari respon siswa dan 5 dari respon guru, media PAPECA layak digunakan dalam pembelajaran matematika materi pecahan. Kata kunci: media pembelajaran, papan tempel, pecahan %A Salma Afifah Zain %I Fakultas Ilmu Pendidikan %D 2022 %T PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN TEMPEL PECAHAN (PAPECA) PADA SISWA KELAS III DI SD NEGERI PARAKSARI