TY - THES Y1 - 2022/01/03/ N2 - Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk media komik yang layak digunakan oleh siswa kelas V semester II pada pembelajaran IPS pokok bahasan Sejarah Peristiwa Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model Dick & Carey. Langkah-langkahnya meliputi: 1) identifikasi tujuan pembelajaran/ analisis kebutuhan, 2) analisis pembelajaran, 3) analisis karakteristik siswa dan konteks pembelajaran, 4) merumuskan tujuan pencapaian kompetensi, 5) mengembangkan instrumen penilaian, 6) mengembangkan strategi pembelajaran, 7) mengembangkan dan memilih media, 8) merancang & melakukan evaluasi formatif, 9) revisi produk. Uji coba meliputi uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Subyek uji coba yaitu 12 siswa kelas V SD Negeri 2 Srandakan. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Analisis data dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelelitian menunjukkan media komik pembelajaran yang dikembangkan telah layak untuk digunakan dalam pembelajaran, terbukti dengan hasil validasi ahli materi (3,68) sangat tinggi dan ahli media (3,48) sangat tinggi. Hasil uji coba perorangan siswa (3,5) sangat tinggi dan guru (3,6) sangat tinggi sedangkan hasil uji coba kelompok kecil siswa (3,94) sangat tinggi dan guru (3,8) sangat tinggi. Media komik sejarah peristiwa menjelang proklamasi Indonesia mampu menarik minat dan motivasi siswa mempelajari sejarah proklamasi kemerdekaan, serta menambah variasi media pembelajaran IPS di kelas. Kata Kunci: komik, pembelajaran IPS, peristiwa menjelang proklamasi PB - Fakultas Ilmu Pendidikan A1 - Gupita, Anisa ID - UNY71634 M1 - skripsi AV - restricted TI - PENGEMBANGAN KOMIK SEJARAH PERISTIWA MENJELANG PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 2 SRANDAKAN UR - http://eprints.uny.ac.id/71634/ ER -