%0 Thesis %9 S1 %A Ksanti, Pranidhana Sevia %B PGSD %D 2022 %F UNY:71633 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %T PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS MIND MAP MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA DI PULAU JAWA SEBAGAI BAHAN AJAR KELAS IV SD N PLAYEN III GUNUNGKIDUL %U http://eprints.uny.ac.id/71633/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar IPS berbentuk buku saku berbasis mind map IPS materi keragaman Budaya Indonesia di Pulau Jawa yang layak digunakan sebagai referensi materi tambahan dari buku siswa dan media pembelajaran di kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan dari Thiagarajan yang mengadaptasi model four-D (Define, Design, Develop, Disseminate) dengan melalui 3 langkah dari 4 langkah. Penelitian ini dilaksanakan dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Playen III. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan produk adalah bahan ajar IPS berbentuk buku saku berbasis mind map IPS materi keragaman Budaya Indonesia di Pulau Jawa yang layak digunakan di sekolah dasar. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi materi yang memperoleh rata-rata skor 4.13 dengan kategori “baik” dan hasil validasi media yang memperoleh rata-rata skor 4.4 dengan kategori “sangat baik”. Hasil uji coba guru memperoleh skor rata-rata 5 dengan kategori “sangat baik”, sedangkan pada uji coba perorangan peserta didik memperoleh rata-rata skor 4.74 dengan kategori “sangat baik”. Kemudian hasil uji coba lapangan pada peserta didik memperoleh rata-rata skor 4.92 dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar buku saku berbasis mind map IPS materi keragaman Budaya Indonesia di Pulau Jawa dikatakan layak digunakan untuk pembelajaran IPS kelas IV Sekolah Dasar. Kata Kunci: pengembangan, bahan ajar, buku saku IPS