%T PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN PETA PUZZLE KEBUDAYAAN PULAU JAWA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI SINGOSAREN KABUPATEN BANTUL %D 2022 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %X Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media peta puzzle budaya yang layak digunakan untuk pembelajaran di kelas IV di SD Negeri Singosaren. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D). Penelitian pengembangan mengacu pada model Borg and Gall dengan tujuh langkah yaitu pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal, revisi produk, uji coba lapangan utama, dan revisi produk. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Analisis data menggunakan konversi data kuantitaif ke kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media peta puzzle budaya layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi materi yang memperoleh skor rata-rata 4,2 dengan kategori “baik”. Hasil validasi media terakhir memperoleh skor rata-rata 4,38 dengan kategori “sangat baik”. Uji coba lapangan awal memperoleh skor rata-rata 4,64 dengan kategori “sangat baik”. Hasil respon guru pada uji coba lapangan awal memperoleh skor rata-rata 4,06 dengan kategori “baik”. Uji coba lapangan utama memperoleh skor rata-rata respon siswa 4,83 dengan kategori “sangat baik”. Hasil respon guru pada uji coba lapangan utama memperoleh skor rata-rata 4,1 dengan kategori “baik”. Kata kunci: media peta puzzle budaya, IPS, kelas IV sekolah dasar. %A Chairunnisa Pangestu %L UNY71630