TY - THES PB - Fakultas Ilmu Pendidikan M1 - skripsi UR - http://eprints.uny.ac.id/71626/ Y1 - 2022/01/03/ A1 - Devi, Septiana TI - PENGARUH KECERDASAN EMOSI DAN POLA ASUH DEMOKRATIS TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS 5 DI SD NEGERI GUGUS 04 SE-KECAMATAN PACITAN, JAWA TIMUR ID - UNY71626 AV - restricted N2 - Penelitian ini memiliki 3 tujuan yaitu, Pertama untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi terhadap sikap disiplin siswa kelas 5 di SD Negeri Gugus 04 Sekecamatan Pacitan. Jawa Timur. Kedua untuk mengetahui pengaruh pola asuh demokratis terhadap pembentukan karakter disiplin siswa kelas 5 di SD Negeri Gugus 04 Sekecamatan Pacitan. Jawa Timur. Dan yang ketiga untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi dan pola asuh demokratis terhadap pembentukan karakter disiplin siswa kelas 5 di SD Negeri Gugus 04 Sekecamatan Pacitan. Jawa Timur. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Gugus 04 Sekecamatan Pacitan Jawa Timur, dengan jumlah responden sebanyak 87 siswa. Uji coba instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, heteroskedastisitas dengan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan emosi terhadap pembentukan karakter disiplin siswa kelas 5 SD Negeri Gugus 04 Se-Kecamatan Pacitan. Dengan nilai t hitung sebesar 2,192, koefisien regresi 0,337 dan nilai signifikansi 0,031. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pola asuh demokratis terhadap pembentukan karakter disiplin siswa kelas 5 SD Negeri Gugus 04 Se-Kecamatan Pacitan. Dengan nilai t hitung sebesar 4,825, koefisien regresi 0,483 dan nilai signifikansi 0,000. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosi dan pola asuh demokratis terhadap pembentukan karakter disiplin siswa kelas 5 SD Negeri Gugus 04 Se-Kecamatan Pacitan. Dengan nilai Fhitung sebesar 31,319 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Dengan hasil menunjukkan bahwa kecerdasan emosi dan pola asuh demokratis mempengaruhi pembentukan karakter disiplin sebesar 42,7% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Kecerdasan Emosi, Pola Asuh Demokratis, pembentukan karakter Disiplin ER -