TY  - THES
PB  - Fakultas Ilmu Pendidikan
M1  - skripsi
UR  - http://eprints.uny.ac.id/71626/
Y1  - 2022/01/03/
A1  - Devi, Septiana
TI  - PENGARUH KECERDASAN EMOSI DAN POLA ASUH DEMOKRATIS TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS 5 DI SD NEGERI GUGUS 04 SE-KECAMATAN PACITAN, JAWA TIMUR
ID  - UNY71626
AV  - restricted
N2  - Penelitian  ini  memiliki  3  tujuan  yaitu,  Pertama  untuk  mengetahui  pengaruh kecerdasan  emosi  terhadap  sikap  disiplin  siswa  kelas  5  di  SD  Negeri  Gugus  04 Sekecamatan  Pacitan.  Jawa  Timur.  Kedua  untuk  mengetahui  pengaruh  pola  asuh demokratis  terhadap  pembentukan  karakter  disiplin  siswa  kelas  5  di  SD  Negeri Gugus  04  Sekecamatan  Pacitan.  Jawa  Timur.  Dan  yang  ketiga  untuk  mengetahui pengaruh  kecerdasan  emosi  dan  pola  asuh  demokratis  terhadap  pembentukan karakter  disiplin  siswa  kelas  5  di  SD  Negeri  Gugus  04  Sekecamatan  Pacitan.  Jawa Timur. 
Penelitian  dilaksanakan  di  SD  Negeri  Gugus  04  Sekecamatan  Pacitan  Jawa Timur, dengan jumlah responden sebanyak 87 siswa. Uji coba instrumen dengan uji validitas  dan  uji  reliabilitas.  Uji  prasyarat  analisis  menggunakan  uji  normalitas, linieritas,  multikolinieritas,  heteroskedastisitas  dengan  metode  analisis  regresi berganda. 
Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  :  (1)  Terdapat  pengaruh  yang  positif dan signifikan kecerdasan emosi terhadap pembentukan karakter disiplin siswa kelas 5 SD Negeri Gugus 04  Se-Kecamatan Pacitan.  Dengan nilai t hitung sebesar 2,192, koefisien  regresi  0,337  dan  nilai  signifikansi  0,031.  (2)  Terdapat  pengaruh  yang positif  dan  signifikan  pola  asuh  demokratis  terhadap  pembentukan  karakter  disiplin siswa  kelas  5  SD  Negeri  Gugus  04  Se-Kecamatan  Pacitan.  Dengan  nilai  t  hitung sebesar  4,825,  koefisien  regresi  0,483  dan  nilai  signifikansi  0,000.  (3)  Terdapat pengaruh  yang  positif  dan  signifikan  antara  kecerdasan  emosi  dan  pola  asuh demokratis terhadap  pembentukan karakter  disiplin siswa kelas 5 SD Negeri Gugus 04 Se-Kecamatan Pacitan. Dengan nilai Fhitung sebesar 31,319 dan nilai signifikansi sebesar  0,000.  Dengan  hasil  menunjukkan  bahwa  kecerdasan  emosi  dan    pola  asuh demokratis mempengaruhi pembentukan karakter disiplin sebesar 42,7% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.  

Kata  Kunci  :  Kecerdasan  Emosi,  Pola  Asuh  Demokratis,  pembentukan  karakter Disiplin
ER  -